Contoh Artikel Pengendalian Sosial

Contoh Artikel Pengendalian Sosial - Topik kali ini tentang pengendalian sosial. Sebelum membahas topik mengenai pengendalian sosial dari kumpulan artikel serta contoh contoh artikel dari blog topik artikel indonesia ini , kita cari tahu terlebih dahulu apakah sebetulnya yang dimaksud dengan pengendalian sosial tersebut.

Pada dasarnya pengertian dari kata pengendalian sosial merupakan mekanisme yang dilakukan untuk mengarahkan anggota masyarakat luas agar melaksanakan nilai dan norma sosial masyarakat yang berlaku di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga nantinya di harapkan seluruh komponen masyarakat tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan dan sebisa mungkin mengurangi atau menghilangkan suatu penyimpangan-penyimpangan telah terjadi di masyarakat.

Beberapa dari ahli sosiologi mengemukakan kalau pengertian dari pengendalian sosial adalah sebagai berikut :

Menurut Peter L. Berger : Pengendalian sosial merupakan tindakan yang dilakukan dengan berbagai cara yang digunakan oleh masyarakat untuk menertibkan jika anggotanya melakukan pembangkangan.

Pengendalian sosial menurut Roucek : Pengendalian sosial merupakan istilah kolektif yang mengacu pada satu proses yang sudah terencana dimana setiap individu dianjurkan, kemudian dibujuk bahkan dipaksa untuk menyesuaikan diri pada kebiasaan dan nilai hidup suatu kelompok.

Pengendalian sosial menurut Bruce J. Cohen : Pengendalian sosial adalah serangkaian cara-cara atau metode yang pakai untuk mendorong seseorang agar bersedia berperilaku selaras dengan kehendak suatu kelompok atau masyarakat secara luas


Bagi Info ini Di :